Menambahkan header.php, footer.php – Membuat Themes WordPress Sendiri (Pelajaran 2)

Setelah pertemuan kemarin kita membahas basic membangun themes wordpress. Kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat Header dan Footer file terpisah dari index, agar kustomisasi yang kita buat nanti bisa lebih advance lagi.

Caranya tinggal membuat file header.php dan footer.php di folder themes kalian.

Folder WordPress

Header.php

<?php wp_head(); ?>

<h1> Tulisan ini, sebagai testing apakah Header Terpisah sudah dapat digunakan </h1>

Penjelasan:

wp_head(); = Berfungsi untuk memanggil template default pada header yang berupa beberapa fungsi penting didalamnya. Dan menurut saya, ini sangat dianjurkan untuk dipakai.

Text HTML H1 = hanya berfungsi untuk pengetesan, apakah header yang dipisahkan oleh index dapat berfungsi dengan baik. Kalian bebas mau tulis apa saja sebenarnya.

Footer.php

<p> Tulisan ini, sebagai testing apakah Header Terpisah sudah dapat digunakan </p>

<?php wp_footer(); ?>

Penjelasan:

wp_footer() = Sama seperti wp_head, ini berfungsi memanggil template default pada footer. Untuk peletakannya, dianjurkan diletakan di bagian bawah. Jika, sudah diterapkan dengan HTML, letakan fungsi ini diatas setelah </body></html>.

Text HTML p = hanya berfungsi untuk pengetesan, apakah footer yang dipisahkan oleh index dapat berfungsi dengan baik. Kalian bebas mau tulis apa saja sebenarnya.

Nah itu dia, dan mohon maaf untuk pertemuan kedua ini artikel cukup singkat. Alasannya, agar pembaca tidak terlalu pusing membacanya. Dan sampai jumpa lagi di pertemuan selanjutnya ya!

Referensi:
https://developer.wordpress.org/